Rabu, 09 Januari 2013

JEJAK BELANDA DI SEMARANG


SEMARANG, sun-blognews.blogspot.com - Indonesia terkenal dengan bangunan-bangunan yang bersejarahnya. Bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia merupakan peninggalan-peninggalan masa penjajahan dahulu. Selama 350 tahun Indonesia pernah di jajah oleh bangsa Belanda, dan 3,5 tahun di jajah oleh bangsa Jepang. Namun salah satu peninggalan penjajah adalah bangunan-bangunan bersejarah yang dibangun saat dulu masa penjajahan oleh bangsa Belanda. Kota Semarang adalah salah satu tempat dimana dulu Belanda berwilayah di Indonesia. Oleh karena itu tak heran lagi bahwa banyak nya peninggalan-peninggalan Belanda dulu di Semarang. 

Ada banyak bangunan Belanda di kota Semarang, dan beberapa diantaranya adalah Gereja Blenduk yang berada di Kota Lama, SMA NEGERI 1 Semarang yang berada di Menteri Supeno, Lawang Sewu yang berada di kawasan Tugu Muda dan Toko Oen yang berada di Jalan Pemuda Semarang. 

SMANSA Semarang yang didirikan pada tahun 1937 dulunya adalah sekolah pada jaman Belanda atau biasa dikenal dengan Herger Berger School (HBS), lalu berubah menjadi Rumah sakit dan pada akhirnya berubah kembali menjadi SMA Negeri di Semarang.


Toko Oen yang dibangun pada tahun 1936 dan menjadi restoran Belanda, Chinese, Indonesia yang tertua di Semarang saat ini. Itulah tadi beberapa dari banyaknya bangunan bersejarah peninggalan bangsa Belanda di Semarang. 

 Lawang sewu dibangun pada tahun 1904 awalnya adalah kantor pusat perkereta apian pada saat jaman Belanda dulu, disebut Lawang Sewu karena memiliki total seribu pintu. 

Gereja Blenduk yang berada di Kota Lama dibangun pada tahun 1753 ini menjadi landmark di kota lama, gereja peninggalan Belanda ini sering menjadi tempat lokasi pemotretan


 4 bangunan tadi adalah beberapa dari banyaknya peninggalan jejak-jejak bangsa Belanda di Indonesia. Semoga kota Semarang akan selalu menjaga sejarah-sejarah di Kota yang eksotis ini.

4 komentar:

  1. jadi pengen ke toko oen yang ori nya :| poffertjes nya pasti banyak :|

    BalasHapus
  2. ternyata selain meninggalkan jejak yang buruk, penjajahan juga meninggalkan jejak indah lewat arsitektur bangunanya ya. tapi tetep si dijajah itu ga enak.

    BalasHapus
  3. sepakat sama komen di atas, dari Belanda justru kita bisa belajar banyak hal. eh renis itu SMA kamu termasuk peninggalannya juga yaa.. SMP aku juga loh, hehe. wah keren abis arsitekturnya :)

    BalasHapus
  4. Waw, tulisan yang bagus. Tapi, ada jejak yang lebih panjang lagi lho. Termasuk lokasi-lokasi yg masih awam di kalangan masyarakat. Coba deh, baca Intisari edisi Desember 2012 kemaren. Perubahan Wajah Kota, termasuk Semarang. Di sana, ada banyak tulisan keren tentang peninggalan sejarah Semarang lhooo :d

    BalasHapus